GTA San Andreas Bugs, Problems

and Solution (if any)

This article written in Bahasa Indonesia ... cause i think i will able to express my thought/ idea better in my mother language
(Translate it with Google if you want to read :D) 
Berikut beberapa problems dan bugs yang kutemui ketika modding GTA San Andreas atau mendapat laporan dari beberapa teman, bersama beberapa solusinya yang bisa kutulis kalau mungkin. 
Kumulai dari yang kuingat pertama:

A. Hang Tak bisa Keluar ke Desktop
-Solusinya sebelum main gunakan SuperF4 . Walau kudapatkan dari komunitas Skyrim tapi ini bisa dipakai juga untuk GTA atau aplikasi apapun (langsung KO bisa diclose, jika pakai tool ini - kombinasi tombolnya CTRL+ALT+F4). (Hati-hati ini bisa juga mengclose explorer.exe jika tombol kombinasi digunakan saat windows explorer aktif).
Atau gunakan GTA SA Crash Killer (ku link dari sanny builder forum, harus login untuk download atau cari di google - tapi ini hanya untuk mengclose / atau mematikan process file yang bernama gta_sa.exe saja).


B. Normal Map bugs
Bugs ini hanya ada jika memakai normalmap.asi (plugin) yang tersedia di berbagai lokasi di dunia ... untuk mencobanya cari sendiri dengan google atau ini.
Semalam baru kudapatkan bugs yang aneh, ketika merig Kushina, beberapa mesh jadi berantakan di game dan kurasa bukan karena masalah cel shading belaka. Tapi sudah pasti karena normal map plugin, karena ketika kurename normalmap.asi jadi normalmap.asu (di del juga bisa) model tak mendapatkan bugs tadi.
Hal serupa juga terjadi pada Riptide.



Solusinya sudah terpecahkan dan Kushinanya sudah bisa digunakan dengan normal map.

Riptidenya kubiarkan tanpa normal map.

- Solusi model mesti diconvert secara benar, mesh diweld (ini yang kulakukan) atau cukup didelete bump/normalmap texturesnya di txdnya, alias jadi mod biasa.

Tak kompatibel dengan beberapa plugin /script
- solusinya normalmap plugin di de-aktifkan (ini juga solusi bagi semua problems dengan normal map). Seperti graphics bugs, baik direname asi extensinya, dipindah ke tempat lain  atau didelete jika tak butuh.

*Game terlalu gelap saat pakai normalmap plugin
(solusinya ; ini bisa dibikin terang dengan mengedit konfigurasi normalmapnya, yang diedit file bernama normalmap.ini) misal di PCku jadi lebih terang dengan konfigurasi ini :
[LIGHTING]
AmbientMultiply=0.92
DiffuseMultiply=2.50




C. Skin Selector bugs
Bugs dan problem ini hanya terjadi jika user menggunakan skin selector mod (buatan Ryosuke). Download di sini.
 
[Yang kupakai kini versi edit, kugunakan source codenya yang disediakan pembuatnya dan kucompile ke main.scm untuk test [sekedar ingin tahu berapa banyak file yang bisa diload di addon (skin.img)]. Namun kurasa tak jauh beda dengan skin selector versi CLEO; skin_n.cs, skin_o.cs, dsb].

*CRASH BECAUSE EXCEED LIMITATION (Crash karena melampaui batas limit)
- Batas jumlah file addon = 255 (atau 256 menurut read me-nya). Di GTA San Andreas biasa umumnya plus minus 150 addon (300 files dff, txd). Habis itu game akan crash atau file tak terbaca. Solusinya ; buat skin.img baru (copy paste file skin.img lama, rename). Gunakan skin.img yang baru, delete file yang tak digunakan, masukkan file dff, txd yang baru ke skin.img baru.Rebuild.

- Di PCku kalau pakai CLEO 4 (cleo.asi versi 4 yg ukurannya 146 kb) , hanya stabil jika ukuran file dff yang dimasukkan ke skin.img sekitar 2,5 mb ke bawah. Habis itu rata-rata crash. Solusinya gunakan CLEO 3 (cleo.asi versi 3.0 yang ukurannya 120 kb). Sudah kutest dan bisa menerima dff ped skin sebesar 4 mb. Bagaimanapun pembuatnya, Kang Ryosuke, membuat mod skin selector di era CLEO3 dan bukan CLEO 4 ... mungkin.

- Sebagian crash karena bukan salah skin selectornya. Barangkali karena VGA anda tak compatible dengan texture yang digunakan (umumnya crash kalau pakai texture berukuran 4096x4096, atau bukan kelipatan 4/8/16/32 [seperti 45x65]. Walau bisa di beberapa VGA terutama pembuat modnya, tapi crash di PC orang lain yang VGAnya hanya bisa menerima texture game berkelipatan 4/8/16/32 seperti 32x32, 64x64, 128x128, 128x256 dan semisalnya). Solusinya edit texturenya atau jangan gunakan mod tersebut ...

- Incompability with other plugin/scipt = Skin selector tidak Kompatibel dengan beberapa plugin atau script lain.
a. Ini yang baru kusadari; skin selector kadang tak kompatibel dengan normalmap plugin sendiri. Apabila digunakan untuk menampung file dff berukuran besar (untukku >2,5 mb) walau txdnya biasa (tak pakai normal map texture)  dan walau pakai CLEO 3. Kalau ini tak ada cara lain kecuali, jangan pakai normalmap plugin atau jangan gunakan mod ped yang ukuran filenya tak bisa diterima di PC anda. Termasuk modku juga, ada yang bikin crash.
b. Tak kompatibel dengan scmlog plugin (scmlog.cleo). Ini kutemukan saat mencoba GTA United yang di folder CLEOnya ada file scmlog.cleo-nya. Game langsung crash. Solusinya jika skin selector ingin digunakan delete file ini [scmlog.cleo].
c. Tak kompatibel dengan beberapa versi cleo.asi, yang langsung crash adalah CLEO library versi 4.2a.
Yang paing cocok (untukku) versi 3.0....) walau kupakai juga dengan CLEO library versi 4 untuk menampung mod ped berukuran rata-rata (0-2 mb).

bersambung ....





Post A Comment:

5 comments:

  1. Yang sayang banget itu emg skin selectornya kang ryosuke.. =.= pdahal ini salah satu mod paling penting, tapi sering ngebug dan terbatas pula...

    Oh iya kak, bisa tolong port ini ke san andreas ga..?

    http://www.gtasuperstyle.com/2013/07/gta-iv-skin-kokoro-sport-dlc-from-dead.html

    skinnya sudah jadi sih, cuma untuk yang gta 4... ada cara biar bisa masuk ke san andreas...? 0.0

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kunjungi blog ini gan

      http://final-ken.blogspot.tw/

      disitu banyak sekali mod DOA GTA San Andreas dan mod bagus lainnya,
      kayaknya mbak Kokoro yg pakai baju itu juga ada di sana

      Delete
  2. Kalo gitu untuk yang ngehang klik Ctrl+Alt+Del terus pilih start task manager,end process yang gta_sa.exe

    ReplyDelete
  3. coba mas yuniwii bikin tutorial cara modif file dff misal erron black mk x for gtasa pc ke gta sa android yang kaya mas yuniwii lakukan ke yellow jacket rekuesnya saleh stak tolong tutorialnya ya mas yuniwi supaya semua skin gtasa pc bisa compatible buat gtasa android

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kulakukan pada yellowjacket cuma namanya diubah jadi ballas1 atau bisa juga pakai nama ped yang lain. Karena dffnya memang tak bermasalah, cuma belum direname saja.
      Tidak semua skin GTA SA bisa kompatible dengan GTA SA android; karena beberapa sebab. Tapi kebanyakan karena masalah ukuran (high poly) dan brgkali telah melampaui limit (kebanyakan mod.

      Delete