Normal Map, Ped Effects dan Anime Shader

 

Artikel tentang Normal map, Ped Effects dan Anime Shader (di GTA San Andreas )

 

Normal

Kata "Normal" dalam dunia 3D digunakan untuk menyebut arah vector yang diterapkan dalam obyek 3D, yang bisa dikalkulasikan dengan berbagai cara dan umumnya berguna untuk effect pencahayaan dan shading (atau bahasa mudahnya memberi "topeng', "lapisan", "naungan?")'pada obyek tersebut.' 

"Dalam geometri, normal adalah obyek seperti garis atau vektor yang tegak lurus terhadap objek tertentu. Misalnya, dalam kasus dua dimensi, garis normal untuk kurva pada suatu titik tertentu adalah garis tegak lurus terhadap garis singgung terhadap kurva pada titik.








Dalam kasus tiga dimensi permukaan normal (Normal Surface), atau hanya normal, untuk permukaan pada titik P; adalah vektor yang tegak lurus terhadap garis singgung plane ('papan') dengan permukaan di P. Kata "normal" juga digunakan sebagai kata sifat: garis normal untuk plane, kekuatan komponen normal, vektor normal, yang berhubungan dengan konsep normalitas yang digeneralisasi untuk segala hal yang berkaitan dengan orthogonal."
 

Secara simpel gambaran seperti apa "Normal' pada vertices (vertex, titik, dot) dan face (permukaan) yang dimiliki obyek 3D adalah seperti berikut.  

di 3D Studio Max "Normal' pada model 3D seperti berikut :



Tiap obyek 3D bisa memiliki informasi 'Normal' selama aplikasi 3D tersebut mensupportnya. Contoh di GTA SA mod ; exporter Kam untuk 3D Studio Max akan mengeksport informasi 'Normal'  selama tombol 'Normal' di aktifkan ketika mengeksport model ke format dff. 



Hasilnya di game akan tergantung bagaimana GTA SA (versi default atau yang dipasang plugin) memperlakukan dan memanfaatkan  informasi 'Normal' yang dimiliki obyek tersebut. Effect visualnya bisa berbeda-beda di game Kalau tak ada informasi 'Normal', obyek 3D tersebut tak bakalan terpengaruh jika ada effect yang berkaitan dengan 'Normal" diterapkan di GTA.
Pembahasan lebih terperinci tentang "Normal' bisa ditemukan disini 


Normal Map

Kalau "Normal map" sendiri (untuk computer graphics dan juga populer di modding GTA San Andreas) adalah teknik pemberian shading dengan mensimulasikan pengaruh cahaya pada lekuk-lekuk obyek 3D (bumps, dents = benjolan, penyokan) berdasarkan info 'Normal' yang dimiliki obyek 3D agar kelihatan lebih mendetail.  Lebih jelas bisa dilihat disini
https://en.wikipedia.org/wiki/Normal_mapping

 Secara default GTA San Andreas memang merender obyek 3D di game, berdasarkan informasi peta texture (UV map, ....harusnya selalu ada), specular (kalau ada), Normal (kalau ada) , vertices color, night vertices color (kalau ada) dan sebagainya. Tapi GTA SA tak support fitur Normal Map atau tak menggunakan cara yang dipakai oleh teknik Normal Map. Kecuali dengan menggunakan plugin yang mengaktifkan fitur Normal Map di GTA San Andreas. atau menggunakan cara yang mirip dengan teknik Normal Mapping tersebut. 
Sebagian besar teknik Normal Mapping yang dipakai di game menggunakan textures (file gambar) yang disebut bump textures atau Normal Map textures atau ada yang (konon) menggeneratenya dengan cara masing-masing ketika game berjalan. 



Normal Map Plugin Dan Ped Effects di GTA San Andreas

Ada 2 plugin Normal Map di GTA San Andreas, yaitu Ryosuke Normal map dan DK (DK22pac) Normal Map...
Satu lagi,  adalah ped_spec.asi dari Junior_Djjr. Plugin ini memberikan effect specular di ped (character, termasuk player). Plugin ini tak terlalu tepat benar disebut Normal Map plugin, walau ikut ku bahas disini berdasar hasil dari kemiripan effect dari deskripsi dan penggunaan istilah Normal Map di wiki(pedia). 

A. DK22Pac Normal Map plugin

Ini plugin favoritku yang kupakai bukan karena effect dari Normal Map yang dihasilkannya. Tapi  karena support terhadap reflection untuk ped (belum mencoba untuk CJ atau player).  Effect reflection ini cocok untuk character semisal robot,superhero, Kamen Rider dan sebagainya yang menggunakan kostum atau sesuatu yang memantulkan cahaya.
Gundam with Normal map and reflection
video Normal map reflection old




Hanya plugin dari DK yang menggunakan dan memanfaatkan section Normal Map PLG(0x133) yang disediakan oleh RenderWare Engine (engine yang dipakai untuk membuat GTA SA). Section ini tak pernah digunakan oleh GTA San Andreas. 
Kalau mau membuat ped yang memiliki effect Normal map yang mensupport plugin-nya DK, model dffnya harus diembed (di insert effect ini) dan tentunya juga memiliki textures yang digunakan khusus untuk keperluan Normal Map di file TXD-nya.


Aku hanya ingin menandaskan :
- plugin ini tak memberi effect sama sekali jika characternya atau pednya tak memiliki fitur Normal Map Plugin yang di embed di file modelnya. Ped yang tak memiliki fitur Normal Map dari DK tetap saja akan seperti ped biasa. Juga effect reflection tak bakalan muncul, jika tak diembed di modelnya walaupun menggunakan Normal Map plugin dari DK.
- plugin ini akan crash jika dipakai bersamaan dengan ped_spec.asi atau normal mapnya Ryosuke, dalam kondisi jika ada model yang memiliki effect normal map DK muncul di game.Solusinya, jangan dipakai bareng-bareng. File asinya bisa dimove (di cut ke folder lain dulu) atau extensinya direname dari .asi ke .asu (misalnya).
Rekomendasi : Dipakai untuk koleksi mod  yang support Normal mapnya DK (Ped anime bisa juga--- asal support Normal Map  DK). 

B. Ryosuke Normal Map plugin

Ini pelopor Normal Map plugin untuk GTA San Andreas, yang sekarang sudah jarang kupakai. Karena ribet bikinnya.
Rule untuk membuat ped support Normal Map plugin Ryosuke, yang paling penting adalah memiliki textures Normal Map yang disusun secara berurutan (by order) di file TXDnya:
-texture default
-textures normal map
-textures default
-textures normal map
dan seterusnya.
Nama textures (normal map)nya harus diakhiri dengan suffix _nrm. Atau _nrm1, _nrm1.0, _nrm 2.5 dan semisalnya untuk memberi info bahwa itu textures yang dipakai sebagai textures Normal Map dan berapa kuatnya effect yang ditimbulkannya di game (1, 2, 2.5 dan sebagainya).


Satu lagi adalah, plugin ini hanya akan bekerja jika materialnya benar dan rapi. Harus difix dulu di 3D Studio Max. Kalau tidak (materialnya kacau), model akan ikutan kacau balau di game atau malahan bisa bikin crash.

bugs normal map karena yang bikin mod ngawur buatnya :D

Berbeda dengan plugin Normal mapnya DK, ped biasa akan terimbas effect detail dari plugin Normal Map nya Ryosuke walau tak memiliki textures Normal Map.
Rekomendasi : Dipakai untuk koleksi mod  yang support Normal mapnya Ryosuke dan yang butuh effect detail seperti ped anime (atau ped biasa)

C. Junior_Djjr Ped Spec

Plugin ini memberikan  effect specular, kusebut effect mengkilap untuk semua ped secara sama rata. Baik yang punya effect Normal Map dari DK atau Ryosuke atau ped biasa. Tak bakalan crash. Yang bikin crash hanya jika ada plugin dari Normal Map DK.asi di folder GTA SA ketika kedua plugin sedang mengerjakan tugasnya masing-masing. 


Rekomendasi : Dipakai bagi yang menginginkan semua ped yang ada memiliki effect mengkilap dan yang butuh effect detail (seperti ped anime atau semua ped).

ANIME EFFECT GTA SAN ANDREAS

Effect Detail

Rata-rata ped (character) bertema anime, hanya menggunakan textures yang sederhana seperti textures warna saja, sehingga di GTA San Andreas jadi terlihat kurang mendetail. Hidung dan mulut kelihatan seperti hilang, tanpa effect tertentu. Aku dulu menggunakan Normal mapnya Ryosuke untuk effect detail ini. Sekarang dengan ped_spec nya Junior Djjr juga bisa, termasuk DK's normal map plugin selama pednya support.
Atau menggunakan berbagai plugin lain dengan setting yang semakin menganimekan GTA San Andreas tersebut. 

Misal :
~Anime Shaders SP  Tabris
Ini setting dari Tabris yang dipost di comment di blogku. Linknya download disini,. Thanks to him.
Setup-nya menggunakan Reshade dan ped_spec nya Junior_djjr serta beberapa plugin lain. 


original setting with ped_spec.asi

edited setting with DK's Normal map
-
 

Note :
-Jangan direupload ulang, karena pembuatnya juga mengingatkan hal serupa. Untuk test dan bagi mereka yang ingin mencoba.
"I made this setup for people like me so you should try it it hasn't been allowed on any site for unknown reasons maybe you can try to get a look similar to gta V on gta sa with this if you modify it enough."

-Bagi yang ingin mengganti pictures background yang muncul diloading reshade ada di folder SweetFX\Textures

Effect Cel Shading 

Ini effect Line (garis hitam) yang meliputi model di game seperti yang biasa terlihat di anime atau cartoon.

1. Mesh Celshading
Menggunakan model yang sebenarnya duplicate dari mesh asli, cuma dirender di game seolah membentuk effect line seperti di anime. Yang kulakukan hanya memberi modifier push dan menflip model untuk cel ini di 3DStudio Max. Modifier Push ini sangat dipengaruhi keberadaan Normal di model tersebut. Kalau Normalnya kurang bagus juga hasilnya tak bakalan bagus. Mesti diedit dulu.

2. Textures Celshading
Menggunakan textures gambar yang bisa memberiken effect cel shading. Tak pernah mencoba jadi kurang tahu bagaimana caranya

3. Cel Shading Effect di Game
Bisa menggunakan Reshade Cartoon Effect seperti ini.
hasilnya seperti pictures berikut :
unfinished Fuuka


 

Post A Comment:

2 comments:

  1. pengen nanya tentang reflection dari plugin dk mas,
    itu kl misal pake enb effectnya sama kek reflection mobil / engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bakalan beda gan.
      itu cuma 'fake reflection' pake textures tersendiri.
      Dan enb juga -seingatku- cuma memberikan effect reflection buat kendaraan, bukan pada semua object yg ada di game.

      Delete