Unlimited and Limited Character Modding in GTA 


Update :
Setelah aku mencoba skin selector lagi dan Vice City IMG Limit Adjuster yang baru direlease oleh Fastman92; ada keterbatasan bagi GTA Vice City dan yang kurasa juga ada pada GTA San Andreas.


Modding character tanpa batas (addon) secara teori possible di ketiga game ini, GTA IV, San Andreas dan Vice City. Karena ped addon di GTA IV dan special actor (character) di GTA San Andreas dan Vice City, semuanya tak butuh ID. Secara teori ini membuka kemungkinan bisa menambah character addon tanpa batas kecuali karena keterbatasan spec PC seperti memory dan ruang Hard Disk.
Edit 2013-09-11 :
Sayangnya ada batas limit lain. Jumlah file tak berguna yang bisa ditolerir di img GTA San Andreas dan GTA Vice City. Maksudku file yang tak punya ID, baik special actor, dan lainnya.
Limited :
Untuk sementara dari yang kuketahui ; bagi GTA Vice City kurasa berkisar 100 - 200 (200-400), game biasanya akan crash bila jumlah file di img telah banyak, tapi sisanya tak ber-IDE. Ini yang kualami di GTA Vice City SOL, ketika file cutscene ditambahkan kembali, game crash.

update :
Untuk GTA San Andreas batasnya di PCku sekitar 1000-1100 (2000-2200 files dff, txd). Itu hanya sejauh yang aku mampu menambah addon dengan skin selector yang dimodifikasi. Itu sudah lebih dari cukup untuk koleksi ped skin (di PCku).

GTA IV barangkali juga ada batasnya, tapi setidaknya ; semua file addon-nya memang mesti didaftarkan di peds.ide.
Test sebenarnya masih bisa berlanjut di GTA IV, tapi kurasa setidaknya ini sudah cukup. Lebih baik kembali bikin mods ...:D

GTA IV
Aku baru tahu kalau GTA IV support peds addon ketika menginstall Iron Man mod (JulioNIB, dan kawan-kawan). Peds baru mesti ditambahkan di peds.ide (di folder Grand Theft Auto IV\common\data) seperti ini
.

Filenya (wdd,wtd dan wft) selanjutnya dimasukkan ke componentsped.img atau bagusnya buat img baru khusus untuk peds add on. Mesti diedit images.txt (di folder Grand Theft Auto IV\common\data ) nya agar melink lokasi img baru tersebut (yang akan digunakan untuk meletakkan peds addon).
seperti ini :

Selanjutnya setelah file pedsnya dimasukkan ke img baru tersebut, di game mesti dispawn dengan Simple Native Trainer.di menu " Spawn Ped by Model Name" 
seperti ini :
1


2


3


GTA San Andreas
Di GTA SA, yang paling mungkin adalah membuat script sendiri untuk menspawn special character yang dibutuhkan atau paling tidak mengedit skin selector dan mengcompile sources codenya. Namanya juga seperti Vice City, berkisar 3-7 digits, kalau nama yang di skin.img bisa 12 digit. (Sebagai catatan GTA San Andreas hanya support 24 digits untuk nama models dan textures).


Jadi Hide Kopassus (yang masih tak berbarret ini) harus direname jadi 7 digit saja jadi Hidekop agar work bila mengedit list special actor di skin selector sources code.


Untuk yang belum terbiasa; menggunakan original skin selector yang support sekitar 150 lebih addon kurasa sudah mencukupi.

GTA Vice City
GTA Vice City butuh tool yang bernama GTA Vice City developer Console untuk merubah player (Tommy) ke special actor. (Kalau ped malah tak bisa di GTA Vice City). Syaratnya namanya harus diantara 5-7 digits
Tinggal masuk console dan diketik misal PLMODEL SAKURA
[Tentu kalau model yang diganti bernama SAKURA dan ada filenya.]
Link download developer Console by Jernej L (gtatool).
Hanya sedikit problem, file-file addon tersebut mesti harus ada di file gta3.img. Game akan crash bila menggunakan developer console untuk menspawn file addon yang bukan di gta3.img. Ketahuan saat menggunakan VC IMG Limit Adjuster.

Untuk sementara sekian, semoga bermanfaat bagi para pengepul mod.
Kalau mau di copy paste harap sedikit di edit dan dicantumkan linknya ke sini.

Post A Comment:

0 comments: